Jumat, 06 Juni 2014

praktik kebidanan melalui kesenian tradisional

ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR

CONTOH PRAKTIK KEBIDANAN MELALUI KESENIAN TRADISIONAL DIDAERAH KALIMANTAN TENGAH

v  Kesenian sebagai media penyuluhan kesehatan
Dalam penyuluhan kesehatan maupun dalam praktik kebidanan, seni dapat digunakan sebagai media dalm melakukan pendekatan kepada masyarakat, Seorang petugas bisa menyelipkan pesan-pesan kesehatan didalamnya, misalnya:

ü  Dengan Kesenian Wayang Kulit
   Melalui pertunjukan wayang kulit ini dapat diselipkan pesan-pesan kesehatan yang ditampilkan di awal pertunjukan dan pada akhir pertunjukan, dapat diisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pesan-pesan yang telah disampaikan di awal pertunjukan atau pertanyaan – prtanyaan yang diberikan oleh penonton.
ü  Menciptakan lagu-lagu berisikan tentang permasalahan kesehatan dalam bahasa daerah setempat. Misalnya penggunaan bahasa daerah kalimantan tengah.

v  Kesenian sebagai seni terapi

                  Kesenian sebagai terapi pada kejiwaan,sebagai pelipur rala. Kita ketahui kehidupan zaman sekarang ini permasalahan semakin kompleks, tubuh dan jiwa manusia mempunyai batas untuk dapat mengatasinya. Untuk itu dengan seni diharapkan akan memberikan dampak positif dalam mengatasi stress tersebut baik stres fisik maupun batin. Misalnya dengan menyanyi, menciptakan lagu, seni memahat patung,lukisan,dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar